Belajar Bahasa R, Keuntungan dan Kekurangan Bahasa R

Belajar Bahasa R, Keuntungan dan Kekurangan Bahasa R

 

Apa Itu R?

R merupakan suatu gratis aplikasi ataupun aplikasi yang leluasa, dibawah lisensi GNU( GNU is Not Unix) General Public Licence, yang menjamin R hendak senantiasa senantiasa gratis( leluasa). R pula salah satu bahasa pemrograman yang kaya akan fiturnya dalam proses membaca, melaksanakan kalkulasi, analisa dan visualisasi informasi. R pula masuk ke dalam bahasa pemrograman yang lengkap, sehingga kalian dapat membuat proses otomatisasi di dalamnya.

Dengan mempraktikkan R buat mencerna serta menganalisa informasi, kalian dapat lebih gampang buat mencerna informasi yang terdapat. R sediakan penanganan serta penyimpanan informasi, menunjang banyak operator penghitungan, menyediakan banyak perlengkapan buat analisis informasi, menampilkan kemampuan graphical yang baik, serta merupakan bahasa pemrograman langsung yang didasarkan pada bahasa pemrograman S yang ditulis oleh Rick Becker, John Chambers, dan Allan Wilks dari AT&T Bell Laboratories.

Sampai saat ini, R terus tumbuh secara pesat bersamaan dengan populernya‘ big informasi’. Dengan perkembangannya tersebut, kebutuhan industri akan Data Scientist pula terus menjadi bertambah. Oleh sebab itu, berarti untuk pendatang baru yang mau berkarir di bidang informasi buat menguasai serta memahami bahasa pemrograman R.

 

Apa Itu Bahasa R?

Bahasa R merupakan versi sumber terbuka( open- source) dari bahasa pemrograman S( Azola serta Harrel, 2006). Tipe komersial yang berbasis bahasa S merupakan S plus. Perbandingan R spesialnya terhadap SAS dibahas secara rinci oleh Azola serta Harrel( 2006). Bahasa R mendapat sambutan yang baik dari golongan statistikawan di segala dunia, sayangnya di Indonesia belum banyak diketahui. Tulisan ini terbuat buat mengenalkan bahasa R khsusunya golongan akademisi di Indonesia, serta buat menunjang gerakan IGOS( Indonesia Go Open Source).

 

Siapa Yang Menulis R?

R ditulis oleh Ross Ihaka serta Robert Gentleman di Kementerian Statistika Universitas Auckland, Auckland, Selandia Baru. Sebagai tambahan, banyak kelompok orang sudah berkontribusi pada R dengan mengirimkan kode serta memberi tahu bug. Semenjak pertengahan tahun 1997, sudah terdapat tim inti R(“ R Development Core Team”) yang bisa memodifikasi arsip kode sumber R.

 

Mengapa Dinamakan R?

Nama R sebagian diambil dari nama samaran nama depan penulisnya( Ross serta Robert), serta sebagian“ mempermainkan” nama bahasa pemrograman AT&T Bell Laboratories ialah S.

 

Apa Kegunaan R?

R digunakan untuk manipulasi data dan grafik dengan bahasa R.

 

Gimana Cara Kerja BahasaR?

R ialah suatu paket dan sekaligus bahasa pemrograman buat analisis data dan grafik. R ialah bahasa pemrograman tingkatan besar( hight level programming). R bisa digunakan secara interaktif sehingga hasil perhitungan segera dapat dilihat, namun apabila perhitungannya kompleks maka perintah- perintah R ditulis lebih dulu dalam text editor, setelah itu dipanggil dengan fungsi source.

Kelebihan R

  1. Bahasa R menawarkan keterampilan analisis data yang canggih. Sementara itu, kata Tech Sasaran, dia bertabiat free.
  2. Terlebih lagi, bahasa ini telah cukup DEWASA!!. Ia memiliki banyak pengguna, sampai terdapat banyak komunitas yang terus mengembangkannya.
  3. Fitur visualisasi informasinya pula tidak asal terbuat saja. fitur itu relatif bermutu serta sanggup menciptakan grafik yang menawan.
  4. bahasa ini pula betul- betul digunakan. Ia bukan sekadar bahasa para penggiat analisis data karena hobi.

Kekurangan R

Memanglah, Glints telah menjelaskan kalau R relatif gampang dipelajari. Akan tetapi, ini tidaklah bahasa buat pendatang baru yang bisa gampang langsung dimengerti;

  1. Tampilan command–line bahasa ini sedikit membingungkan. Nah, sebagai solusi, kalian dapat memakai integrated development environment semacam RStudio.
  2. Informasi di dalam R pula ditaruh di dalam memori fisik. Ini dapat jadi salah satu kekurangannya.
  3. Gimana jika kalian harus bekerja dengan informasi yang sangat banyak? Kalian bisa- bisa kekurangan memori.
  4. Walaupun begitu, R telah memiliki integrasi dengan Hadoop, framework buat informasi yang berdimensi besar.
  5. Eksekusi alias pembacaan kode R pula memakan waktu yang lama. Bila memanglah mau dipercepat, kalian wajib siap memaksimalkan kodemu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *