Sertifikat TOEFL Yang Diakui Dikti untuk Persyaratan Beasiswa

Sertifikat TOEFL Yang Diakui Dikti untuk Persyaratan Beasiswa

Sertifikat Toefl Yang Diakui Dikti tidak sembarangan, jadi, hanya jenis sertifikat tertentu saja. Skor TOEFL menjadi ukuran untuk kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Selain untuk pendidikan, TOEFL juga sering dijadikan syarat melamar pekerjaan, salah satunya PNS.

 

Beasiswa luar negeri hingga dalam negeripun seringkali menggunakan syarat sertifikat TOEFL yang diakui Dikti untuk menentukan calon yang terpilih. Beasiswa LPDP misalnya, yang mengharuskan para pelamar beasiswa untuk memiliki skor TOEFL yang bagus.

 

Sertifikat Toefl Yang Diakui Dikti

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tidak sembarangan sertifikat TOEFL diakui untuk keperluan berkaitan dengan lembaga pemerintah. Selain skor minimum sertifikat TOEFL beberapa jenis Sertifikat Toefl Yang Diakui Dikti maupun lainnya.

 

TOEFL berguna untuk banyak keperluan seperti melamar beasiswa, melamar perguruan tinggi, hingga melamar suatu pekerjaan seperti perekrutan CPNS. Seiring berkembangnya zaman, jenis tes TOEFL semakin beragam menyesuaikan kebutuhan. Yuk simak ulasan berikut ini.

Pengalaman Tes TOEFL di LIA Biaya Dapat Dibayar Cicilan 3X

Paper-Based Test (PBT)

Merupakan jenis tes yang tergolong klasik, pasalnya proses pengerjaan masih menggunakan kertas untuk lembar jawaban dan soalnya. Sehingga sama dengan jenis ujian lain pada umumnya. Bentuk soalnya berupa pilihan ganda A sampai E.

 

Materi ujian pada jenis TOEFL PBT ialah listening, reading dan structure. Untuk durasi pengerjaannya sekitar 3 jam dengan skor 310-667. Biaya yang perlu Anda keluarkan sekitar 500 ribu rupiah. Tergolong murah, namun untuk skala internasional sudah tidak diakui.

 

Bahkan beberapa perusahaan besar dalam negeri atau universitas dalam negeri juga kurang menerimanya. Akan tetapi, masih diakui di dalam ranah intern suatu lembaga atau pendidikan tertentu.

 

Internet-Based Test (IBT)

Jika menilik dari namanya, pastinya yang membaca sudah bisa paham bahwa tes TOEFL ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Benar sekali tes ini memakai jaringan internet ketika proses pengerjaan.

 

Disebut sebagai generasi selanjutnya dari tes TOEFL yang menggunakan teknologi berbasis internet. Yang mana perangkat komputer telah terhubung terlebih dahulu pada jaringan internet agar bisa mengerjakan tes.

 

Cukup mahal untuk bisa mengerjakan tes ini, pasalnya seseorang harus mengeluarkan dana sekitar 2,5 sampai dengan 3 juta rupiah untuk ikut tes. Materi tes TOEFL IBT seperti writing, listening, reading, dan speaking dengan perantara komputer.

 

Durasi pekerjaan sekitar 4 sampai dengan 5 jam dengan rentang skor 1-120. Tes TOEFL jenis Interner Based Tes ini bisa berlaku untuk keperluan dalam negeri hingga luar negeri. Karena harganya mahal, ikuti kursus TOEFL terlebih dahulu agar uang tidak terbuang percuma.

Tes TOEFL Jambi Bisa Dilakukan Secara Online dari Rumah

Institusional Testing Program (ITP)

Merupakan salah satu tes yang penyelenggaranya merupakan suatu lembaga terpercaya atau perguruan tinggi yang bekerja sama dengan lembaga resmi. Sertifikat TOEFL ITP hanya berlaku di dalam negeri saja, namun juga ada beberapa negara yang menerima jenis ini.

 

Terutama negara-negara di wilayah Asia. Namun, demikian bisa Anda manfaatkan untuk keperluan yang sesuai karena biaya tes TOEFL ITP cukup murah. Yakni sekitar 500 ribuan rupiah untuk bisa ikut tes TOEFL ITP.

 

Beasiswa LPDP khusus yang menyasar perguruan tinggi dalam negeri bisa memakai sertifikat jenis TOEFL ITP saja. Untuk materi tes TOEFL ITP terkait listening, reading hingga structure. Belajar adalah cara untuk mendapatkan skor TOEFL tinggi. 

 

Demikian beberapa informasi terkait jenis sertifikat TOEFL yang diakui Dikti. Dengan mengatahui informasi tersebut, maka Anda tidak akan asal pilih tes TOEFL. Sehingga tidak menyia-nyiakan dana yang keluar, pasalnya tidak murah untuk bisa ikut tes.

 

TOEFL ITP untuk mendaftar Beasiswa LPDP

Untuk mendaftar beasiswa LPDP, kamu hanya perlu melampirkan TOEFL ITP Score Report dan Certificate of achievement. Jika kamu mendapatkan score 459 ke bawah, kamu hanya akan mendapatakan TOEFL ITP Score Report dan tidak akan mendaptkan Certificate of achievement.

 

Jika kamu mendaftar Beasiswa LPDP afirmasi dan kamu hanya memiliki TOEFL ITP Score Report, kamu bisa melampirkan TOEFL ITP Score Report saja sebagai syarat. Ingat, ini hanya untuk Beasiswa LPDP afirmasi, karena syarat TOEFL beasiswa LPDP afirmasi minimal 400 jika tidak ada perubahan, sebaiknya merujuk ke buku panduan terbaru beasiswa LPDP.

 

Jika tidak memiliki Sertifikat Toefl Yang Diakui Dikti dan hanya memiliki TOEFL ITP Score Report, Lalu bagaimana dengan Nomor sertifikat yang harus diisi dalam aplikasi online? kosongi saja!

 

Sumber: Kampunginggrisla.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *